katalog musik, fitur, penawaran musik streaming versi gratis ataupun premium, dan mitra terbaik |
Karena itu, tidak heran jika Indonesia menjadi pasar yang menarik bagi pelaku e-commerce atau penyedia layanan OTT. Spotify, penyedia layanan musik streaming pun mengakui hal ini.
"Indonesia memiliki potensi untuk menjadi salah satu pasar musik streaming terbesar, tidak hanya di Asia namun di dunia," kata Head of Public Relations, Spotify South East Asia, Benjamin Chelliah.
"Saat ini, sudah lebih banyak jumlah penggemar musik di Indonesia yang beralih ke smartphone dan mengakses internet. Kami melihat adanya perkembangan besar jumlah pengguna yang menggunakan Spotify untuk mendengarkan musik."
Spotify didirikan di tahun 2006, dan layanannya mulai di luncurkan di tahun 2008. Jika pasar Indonesia memang memiliki potensi besar, muncul pertanyaan mengapa Spotify baru memutuskan untuk masuk ke Indonesia tahun ini, untuk lebih tepatnya, pada tanggal 30 Maret lalu.
"Kami ingin memastikan ketika kami hadir di Indonesia, kami sudah memiliki persiapan yang baik dari segi katalog musik, fitur, penawaran musik streaming versi gratis ataupun premium, dan mitra terbaik," kata Chelliah.
Selain itu, mereka juga ingin memastikan bahwa mereka dapat beroperasi dengan legal di Indonesia. Kementerian Komunikasi dan Informatika telah menentukan beberapa syarat yang harus dipenuhi oleh penyedia layanan OTT (Over-The-Top) jika mereka ingin beroperasi di Indonesia.
Salah satunya adalah pembentukan BUT (Badan Usaha Tetap). Opsi lain yang diberikan oleh Kemenkominfo bagi penyedia OTT asing adalah untuk bekerja sama dengan operator. Spotify lalu memutuskan untuk mengambil opsi kedua dan bekerja sama dengan Indosat Ooredoo.
Sebelum meluncurkan layanannya di Indonesia, Spotify telah terlebih dulu beroperasi di puluhan negara lain. Chelliah menjelaskan, jika mereka ingin menjadi layanan musik streaming favorit, maka mereka harus menyediakan fitur dan konten yang sesuai dengan karakteristik masyarakat lokal. Hal ini juga berlaku saat mereka memasuki Indonesia.
"Kami memiliki ahli musik lokal yang menyediakan playlist musik Indonesia terbaik." kata Chelliah saat menjelaskan langkah apa saja yang Spotify lakukan untuk membuat layanan mereka menjadi lebih dekat dengan masyarakat lokal.
Lebih lanjut dia menjelaskan, "Kami telah bekerja sama dengan label musik lokal dan menghadirkan Spotify dalam versi Bahasa Indonesia untuk seluruh platform, termasuk fitur lirik pada Spotify versi desktop."
Saat ditanya soal target, Chelliah menyebutkan bahwa mereka tidak memiliki target tertentu untuk pasar Indonesia. Satu hal yang dia pastikan adalah bahwa hasil dari peluncuran Spotify di Indonesia melebihi ekspektasi mereka. "Kami melihat bahwa penggemar musik di Indonesia akan dapat menerima dan menyukai Spotify," kata Chelliah.
Kami melayani pembukaan akun sbobet,ibcbet,ioncasino,poker,tangkas
silahkan hubungi kami melalui:
Livechat : Livechat Lisboa369
Yahoo Messenger : cs_lisboa369@yahoo.com
Line : lisboa369
WeChat : Lisboa369
Pin bb : 2C061DC0
Skype : lisboa_369
WhatsApp : +66924855473
>
Tidak ada komentar:
Posting Komentar